I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 14 Februari 2011

Pendekatan mana yang lebih efektif untuk membaca?????

Anak yang mempunyai kemampuan tata bahasa yang buruk tidak akan mampu memperoleh pemahaman dari membaca. Untuk itu para pakar pendidikan mengemukakan   jenis pendekatan untuk membaca, yaitu:

  1. Pendekatan Fonetik dan Keahlian Dasar.
Pendekatan ini menggunakan pengajaran Phonemic awareness (membagi dan mengolah suara dalam kata) dan Phonics ( mempelajari bahwa suara diwakili oleh huruf yang dapat dipadukan untuk membentuk kata). 

      2. Pendekatan Bahasa Keseluruhan.

Pendekatan ini mengasumsikan bahwa instruksi membaca harus paralel denga pembelajaran nahasa alamiah anak. Sejak awal, materi bacaan harus menyeluruh dan bermakna. Artinya, dalam pengajaran membaca awal, anak harus diberi materi dalam bentuk yang komplit. Dalam pendekatan ini, membaca harus dihubungkan dengan keahlian menulis dan mendengarkan, dan juga sering kali diintegrasikan dengan keterampilan dan mata pelajaran lain,seperti sains dan sosial. Kebanyakan pendekatan Bahasa Keseluruhan menyuruh siswa membaca materi yang relevan dengan dunia nyata,dan menyuruh mereka untuk menulis dan mendiskusikannya.

Berdasarkan keterangan tersebut diatas, para periset menemukan bahwa anak akan mendapat manfaat dari kedua pendekatan tersebut. Meeka menemukan bukti kuat bahwa Pendekatan Fonetik dan Keahlian dasar seharusnya dipakai dalam mengajar anak untuk membaca dan bahwa murid juga mendapat banyak manfaat dari Pendekatan Bahasa Menyeluruh dengan membaca tulisan tentang dunia nyata. Kesimpulan lain adalah bahwa kemampuan membaca anak akan meningkat jika dilatih dengan membaca secara lisan, secara terbimbing, dan mengaplikasikan strategi pemahaman membaca mereka untuk meningkatkan instruksi membaca. 

Jadi pendekatan yang efektif untuk membaca adalah Pendekatan Fonetik dan Keahlian Dasar, dan Pendekatan Bahasa Keseluruhan, karena sebenarnya kedua pendekatan tersebut memiliki hubungan yang erat dalam proses belajar membaca pada anak.


sumber : Santrock J. W. Psikologi Pendidikan Edisi Kedua

Tidak ada komentar:

Posting Komentar