Nama
kelompok :
Dea
Lovalia Hasibuan (10-074)
Jadi,
berdasarkan dari pengalaman-pengalaman kami, bahwa benar adanya pendapat gagne
tentang tahapan belajar yang dimulai
dari tahap persiapan belajar yang didalamnya terdiri dari tahap memperhatikan,
harapan, retrieval untuk dibawa keingatan kerja. Pada tahapan memperhatikan
ini, kita mendapatkan informasi tentang sesuatu tersebut melalui proses
memerhatikan sehingga kemudian kita mempunyai harapan bahwa kita dapat
melakukan hal tersebut.kemudian kita mulai mengingat apa – apa saja yang kita
butuhkan untuk mulai melakukan sesuatu hal tersebut.
Kemudian
kita masuk kepada tahap selanjutnya, yaitu tahap Akuisisi dan Kinerja belajar
yang didalamnya terdiri dari tahap persepsi selektif atas ciri stimulus ,
misalnya pada saat proses belajar mengenal huruf, dapat dilakukan dengan cara bernyanyi ataupun menggunakan
kata – kata yang menarik dan mudah diingat. Selanjutnya penyandian semantik,
yaitu dengan cara mengingat huruf yang sudah disajikan dengan contoh kata yang memiliki huruf awalan yang
merupakan huruf yang dimaksud, misalnya untuk mengingat huruf “a” maka kata
yang diingat adalah “ayam”. Kemudian tahap selanjutnya adalah retrieval dan
respon. Dimana pada tahap retrieval ini kita akan mudah mengingat huruf
tersebut dan akan menimbulkan respon berupa ingatan akan huruf itu. Selanjutnya
adalah tahap penguatan, pada tahap ini kita diberikan penguatan agar apa yang
telah kita pelajari sebelumnya masih tetap kita ingat.
Tahap
terakhir adalah tahap transfer belajar ,dimana pada tahap ini terdiri dari
tahap pemberian petunjuk retrieval dan generalisasi. Pada tahap pemberian
petunjuk retrieval yaitu menilai
perbuatan/kinerja. Dan pada tahap generalisasi kita sudah mampu memunculkan
kinerja dalam contoh yang baru.
Dea... jika pembahasannya lebih tajam dan dalam, tentunya hasil yang ditampilkan pasti lebih maksimal :)
BalasHapus