I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 15 September 2012

pengalaman hidup yang dapat dijelaskan melalui teori Robert Gagné


Pengalaman saya adalah ketika saya belajar untuk memasak. Saya dan mama saya mempersiapkan bahan masakan yang akan dimasak rencananya saya dan mama saya akan memasak pecal. Kemudian mama saya menyuruh saya untuk menggoreng kacang yang merupakan salah satu bahan dasar untuk membuat pecal. Kemudian mama saya pergi untuk membeli bahan tambahan lainnya kewarung dan saya diberikan tanggung jawab untuk menggoreng kacang tersebut. Karena saya tidak tahu memasak dan tidak tahu bagaimana bentuk dan warna kacang yang sudah matang. Karena saya teringat dengan langganan tukang rujak giling sewaktu SMA yang mengatakn bahwa kalo kacang yang sudah matng itu adalah kacang yang sudah mengambang diatas minyak goreng. Karena mama saya tak kunjung datang maka saya menunggu kacang tersebut sampai mengambang diatas minyak seperti apa yang dibilang oleh tukang rujak tersebut. Akan tetapi kacang tersebut tidak juga mengambang diatas minyak goreng sampai mama saya datang. Setelah mama saya datang, beliau heran kenapa kacangnya tak juga diangkat. Dan pada saat saya angkat kacang tersebut telah berubah warna dan kacang tersebut gosong. Kemudian mama saya pun menasehati saya agar tidak mengulangi hal tersebut dan memerikan contoh bagaimana cara menggoreng kacang dan masakan lain  yang baik dan benar. dan akhirnya saya bisa memasak, khususnya untuk menggoreng.


Pembahasan :
Berdasarkan teori Gagné, proses belajar saya pada pengalaman saya tersebut melalui beberapa tahapan. Tahapan pertama adalah tahap persiapan belajar, dimana pada [engalaman saya ini saya mengarahkan perhatian saya terhadap arahan – arahan mama saya untuk memasak. Kemudian tahap akuisisi dan kinerja, ditahapan ini saya mulai melakukan percobaan melakukan secara langsung memasak. Selanjutnya saya mencapai tahap terakhir, yaitu tahap transfer belajar, dimana pada pengalaman ini saya sudah bisa memasak dengan baik dan benar setelah saya belajar dari mama saya.  

Tidak ada komentar:

Posting Komentar