Pada saat kuliah psikologi belajar saya dating terlambat, untungnya bu Dina
masih memberi izin untuk masuk dan mengikuti perkuliahan hari itu. Kemudian setelah
itu, bu Dina memberikan 3 buah kertas kepada kami dan meminta kami untuk membuat
sesuatu hasil karya kami yang berasal atau menggunakan bahan berupa tiga buah
kertas yang berbeda ukuran dan tebalnya kepada kami. Kami diberi kebebasan dengan tiga buah kertas
tersebut untuk membuat hasil kreativitas kami. Dan beliau berkata 3 hasil karya
dari kelompok A dan 3 hasil karya dari kelompo B yng merupakan hasil karya yang paling bagus dan menarik akan
mendapatkan hadiah atau reward. Kamipun langsung bersemangat untuk
mengerjakannya. Kemudian kami diberi waktu untuk mengerjakannya. Semua langsung
sibuk dengan bahan yang dimiliki dan dengan ide-ide yang sudah ada dipikiran
masing-masing orang. Saya sempat bingung akan membuat apa, tetapi setelah
beberapa saat saya mempunyai ide untuk membuat celengan kertas dari ketiga
lembar kertas yang diberikan oleh bu Dina. Saya membuat sebuah celengan kertas
denngan bentuk tabung, dimana terdiri dari satu lembar kertas yang merupakan
kertas sertifikat yang saya jadikan untuk sisi dari celengan tersebut sementara
untuk membuatnya menjadi sebuah tabung, saya menggunakan beberapa potongan
kertas dari kertas yang lain dari membuatnya sebagai pengait agar bias merekatkan
kertas sertifikat tadi menjadi tergulung. Hal ini saya akukan karena tidak
boleh adanya bahan tambahan lain selain dari ketiga lembar kertas yang
diberikan oleh bu Dina. Kemudian tutup dari celengan tersebut terbuat dari
kertas HVS yang bagian tengahnya saya lubangi dengan menggunakan pulpen karena
tidak boleh menggunakan peralatan lain. Ketika bu Dina berkata bahwa waktunya
tinggal sedikit lagi, saya sempat panic karena celengan tersebut belum selesai ,
tapi pada akhirnya saya mampu menyelesaikannya tepat pada waktunya.
Jika dikaitkan dengan teori Skinner,
pernyataan yang dikatakan bu Dina, yaitu akan memberikan hadiah bagi hasil
karya yang terbaik merupakan reinforcement positif bagi kelas yang berguna
untuk memunculkan perilaku yang diinginkan. Karena kami termotivasi untuk
menghasilkan karya yang baik agar mendapatkan reward yang sudah dijanjikan sebelumnya.
Sehingga perilaku yang diinginkan muncul, yaitu hasil karya yang bagus-bagus
dan menarik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar