I made this widget at MyFlashFetish.com.

Senin, 29 Oktober 2012

Adu kreativitas berdasarkan teori Skinner


Pada saat kuliah psikologi belajar  saya dating terlambat, untungnya bu Dina masih memberi izin untuk masuk dan mengikuti perkuliahan hari itu. Kemudian setelah itu, bu Dina memberikan 3 buah kertas kepada kami dan meminta kami untuk membuat sesuatu hasil karya kami yang berasal atau menggunakan bahan berupa tiga buah kertas yang berbeda ukuran dan tebalnya kepada kami.  Kami diberi kebebasan dengan tiga buah kertas tersebut untuk membuat hasil kreativitas kami. Dan beliau berkata 3 hasil karya dari kelompok A dan 3 hasil karya dari kelompo B yng merupakan  hasil karya yang paling bagus dan menarik akan mendapatkan hadiah atau reward. Kamipun langsung bersemangat untuk mengerjakannya. Kemudian kami diberi waktu untuk mengerjakannya. Semua langsung sibuk dengan bahan yang dimiliki dan dengan ide-ide yang sudah ada dipikiran masing-masing orang. Saya sempat bingung akan membuat apa, tetapi setelah beberapa saat saya mempunyai ide untuk membuat celengan kertas dari ketiga lembar kertas yang diberikan oleh bu Dina. Saya membuat sebuah celengan kertas denngan bentuk tabung, dimana terdiri dari satu lembar kertas yang merupakan kertas sertifikat yang saya jadikan untuk sisi dari celengan tersebut sementara untuk membuatnya menjadi sebuah tabung, saya menggunakan beberapa potongan kertas dari kertas yang lain dari membuatnya sebagai pengait agar bias merekatkan kertas sertifikat tadi menjadi tergulung. Hal ini saya akukan karena tidak boleh adanya bahan tambahan lain selain dari ketiga lembar kertas yang diberikan oleh bu Dina. Kemudian tutup dari celengan tersebut terbuat dari kertas HVS yang bagian tengahnya saya lubangi dengan menggunakan pulpen karena tidak boleh menggunakan peralatan lain. Ketika bu Dina berkata bahwa waktunya tinggal sedikit lagi, saya sempat panic karena celengan tersebut belum selesai , tapi pada akhirnya saya mampu menyelesaikannya tepat pada waktunya.
Jika dikaitkan dengan teori Skinner, pernyataan yang dikatakan bu Dina, yaitu akan memberikan hadiah bagi hasil karya yang terbaik merupakan reinforcement positif bagi kelas yang berguna untuk memunculkan perilaku yang diinginkan. Karena kami termotivasi untuk menghasilkan karya yang baik agar mendapatkan reward yang sudah dijanjikan sebelumnya. Sehingga perilaku yang diinginkan muncul, yaitu hasil karya yang bagus-bagus dan menarik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar