I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 07 April 2012

Paedagogi Teoritis dan Prinsip – Prinsip Paedagogis


1. Pedagogi dan Pedagogis
Paedagogi tidak hanya berkutat pada ilmu dan seni mengajar, melainkan ada hubungannya dengan pembentukan generasi baru, yaitu pengaruh pendidikan sebagai sistem yang bermuara pada pengembangan individu atau peserta didik. Kata sifat untuk paedagogi adalah paedagogis. Menurut Danilov, paedagogis adalah proses inetraksi terus menerus dan saling berasimilasi antara pengetahuan ilmiah dan pengembangan siswa. Asimilasi pengetauan oleh siswa berkaitan dengan antusiasme mereka untuk mengetahui diverifikasi dalam proses kerja yang intensif dan aktif. Sementara menurut Alberto Gracia et al, menkonseptualisasikan paedagogis sebagai tindakan guru dan siswa dalam konteks organisasi sekolah, dimana interaksi itu dilakukan berdasarkan teori paedagogis tertentu,berorientasi pada tujuan institusional, dan dikembangkan dalam interaksi yang dekat dengan keluarga dan masyarakat untuk mencapai pembentukan siswa secara sehat.
2. Prinsip – prinsip Proses Paedagogis
Menurut Addine, diantara prinsip – prinsip paedagogis itu adalah kesatuan karakter ilmiah dan ideologis dari proses paedagogis. Karakter ilmiah dan ideologis ini menyoroti bahwa setiap proses paedagogis harus terstruktur berdasarkan temuan yang paling maju dibidang sains kontemporer dan dalam korespondensi total dengan ideologi kita. Selain itu, prinsip hubungan sekolah dan kehidupan didasarkan pada dua aspek penting : kaitan antara kehidupan dan pekerjaan sebagai kegiatan yang mendidik manusia.
Prinsip lain adalah salah satu yang mengkombinasikan karakter kolektif dan individual pendidikan, serta penghormatan terhadap kepribadian siswa. Prinsip berikutnya adalah merujuk pada kesatuan pengajaran, pendidikan dam perkembangan proses, karena didasarkan pada kesatuan dialektis antara pendidikan dan pengajaran yang harus terkait dengan kegiatan pembangunan pada umumnya. Proses paedagogis juga mencakup prinsip bahwa domain kognitif dan afektif tidak bisa berada dalam suasana yang kering. Prinsip terakhir dari proses paedagogis adalah, bahwa masing – masing subsistem aktivitas, komunikasi,dan kepribadian saling terkait satu sama lain. 


Danim. 2010. Paedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Alfabeta 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar