I made this widget at MyFlashFetish.com.

Sabtu, 07 April 2012

Pedagogi Praktis Abad Ke – 21


paedagogi sudah berlangsung sejak saat lama sama seperti peradaban pendidikan dan pembelajaran. Meski paedagogi nyaris tidak berubah, kajian atasnya terasa terus kontekstual sesui dengan perjalanan sejarah peradabban pendidikan. Pada saat memasuki abad ke – 21, banyak orangyang tertarik untuk membahas tntang paedagogi, sampai di beri julukan Paedagogi Abad ke – 21 yang juga dikenal dengan Paedagogi Progresif.
 Paedagogi tidak hanya sekedar membahas mengenai seni dan ilmu mengajar, tetapi juga mendorong untuk melakukan redesain dan pemahaman ulang atas bagaimana menggunakannya untuk merumuskan kurikulum yang sesuai dengan kebutuhan siswa dan kemajuan zaman.
Paedagogi formal bermakna paedagogi teoritis atau ilmiah, sedangkan paedagogi vernakular merupakan paedagogi praktis. Paedagogi formal atau ilmiah merupakan upaya mengembangkan prinsip – prinsip dan teori – teori paedagogi yang efektif melalui penelitian yang sistematis, lebih abstrak dan lebih umum dari paedagogi vernakuler atau praktis.  Paedagogi formal didukung oleh pengalaman dasar yang kuat, istimewa, dan dibangun atas fondasi kajian empirik selama proses  mengajar dan belajar ( Moore,2000).
Menurut Carpenter (2001) ada dua fungsi penelitian paedagogis. Pertama, untuk menghasilkan pengetahuan baru tentang pengajaran dan pembelajaran, bersifat nonlinear. Kedua, untuk memungkinkan atau pendidik memahami, menjelaskan, membela, membenarkan, dan apabila perlu memodifikasi paeddagogi. Tujuan pertama melahirkan paedagogi teoritis dan tujuan kedua melahirkan paedagogi praktis. 


Danim, Prof. Dr. Sudarwan. 2010. Pedagogi, Andragogi, dan Heutagogi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar